Selasa, 08 April 2014

Modul DDR4 dengan Kapasitas 128 GB dari SK Hynix


*sigh*, heh dude, siapin duit lu
SK Hynix Inc mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan modul memori dengan kapasitas tertinggi di dunia dengan kapasitas 128 GB (Gigabytes) berdasarkan 8 Gb (Gigabit) DDR4 menggunakan fabrikasi teknologi canggih 20 nm.
Modul memori ini memilki kerapatan ganda dibandingkan dengan modul memori 64 GB yang mengambil keuntungan dari teknologi TSV (Through Silicon Via). Produk baru ini bekerja pada 2133 Mbps dan dengan 64-bit I/O yang sanggup memproses hingga 17 GB data per detik. Memori ini juga berjalan pada ultra low-voltage 1.2V, lebih rendah dari pada modul DDR3 yang ada saat ini, yang berjalan pada 1.35V.
SK Hynix diharapkan untuk terus mempertahankan kepemimpinan teknologi di pasar server DRAM dengan menyediakan sampel pertama di dunia dengan modul berkapasitas 128 GB dan 64 GB yang dibangun di atas 8 Gb DDR4. Hynix berencana untuk mulai memproduksi massal modul memori ini pada semester pertama tahun depan.
SK_Hynix_128GB_DDR4_01
Perkembangan modul DDR4 128 GB pertama di dunia memiliki signifikansi dalam membuka pasar server ultrahigh density“, demikian dikatakan Senior Vice President Sung Joo Hong, Kepala Pengembangan DRAM Hynix. “Hynix akan lebih memperkuat daya saing dalam lingkup DRAM premium dengan perkembangan kepadatan tinggi, ultrahigh speed dan produk dengan konsumsi daya yang rendah“, tambahnya.
Menurut Gartner, pasar DRAM server akan tumbuh rata-rata 37% per tahun sampai 2018 menyusul ekspansi lingkungan mobile. Plus, antarmuka DDR4 yang baru ini diharapkan akan disertifikasi dalam tahun ini dan diperkirakan akan dikomersialkan secara teratur mulai tahun 2015. Selain itu, DDR4 diharapkan menjadi standar utama dalam industri IT mulai 2016.
Meskipun chipset X99 dari Intel akan mendukung modul DDR4, apakah anda akan melakukan upgrade setelah DDR4 keluar? Apakah anda memang sudah membutuhkan modul berkapasitas tinggi seperti ini?
Bima Arif Putra Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar