Selasa, 18 Agustus 2015

Tips cara menabung ala gua (47BAPF)




Okey, karna banyak yang nanya :
“kok lu bisa beli ini gan, bisa beli itu gan”
“gan duid darimana, minta ortu mulu ya?”
“gan, kerja dimana?, kok beli2 mulu?”
“gan duid lu kok unlimited?, lu ngepet dimana?, dikampung gua seret nih”
“gan sempak lu bagus deh, trade sini sama akun steam gue” dll




Jawabannya adalah sama, gua sering nabung
Cara nabung yang bagus dan ga bikin elu gatelan liat duid ada beberapa step, berikut stepnya :

1. Tentuin lu nabung buat apa, dan buat itu jadi prioritas yang harus lu beli

Nah, ini yang paling penting dan jadi motivasi kalo gua mau beli barang,
Dengan punya tujuan lu mau nabung buat apa, secara ga sadar, otak anak kost2an lu bakalan muncul, ngirit ini la, ngirit itu la, demi buat dapet apa yang lu pinginin.
inget baek2 kalo itu ntu barang adalah prioritas lu nomer satu yang harus lu beli, karna demi barang itu, lu bisa capek2an nabung begini, dan berusahalah semaksimal mungkin buat kaga kegoda ama barang laen.

2. Jangan liat online shop / offline shop yang bikin lu tertarik buat belanjain duit lu saat masih dalam masa menabung

Ini juga ga kalah penting dari yang pertama, jujur gua dan orang2 laen yang suka nabung bener2 susah ngelewatin step ini, dan lu tau ndiri temen gua banyak yang gemel+gaul2 gblg, pasti mau gamau, gua bakalan liat sebuah racun barang2 yang aneh dari timeline socmed gua, ya, itu emang anjg banget
Tapi, Alhamdulillah nih ye, gua “kadang2” bisa lewatin racun itu,
caranya?,
LIAT NO.1 COK
Barang yang lu targetin dan bahkan sampe lu nabung demi barang itu adalah PRIORITAS UTAMA LU GBLG, percaya ama gua, kalo lu udah beli barang yang lu pengenin dari hasil tabungan lu, racun yang mengkontaminasi otak lu bakalan ilang, kecuali lu nabung buat multiple thread(abis beli barang ini, beli barang itu dst.)

3. Minimalisir duid jajan lu

Ini juga ga kalah penting cuy, caranya gampang kok :
A. Lu jangan rakus2 anjg di sekolah, bawa snicker aja, beli di alpamart palingan cuma cebanan, nanti istirahat kedua baru lu jajan di kantin, but remember, jangan jajan lebih dari setengahnya duit jajan lu, contohnya gua, gua dikasih duid jajan perminggu 250k, nah, yang 200knya gua setorin ke atm, 50k nya gua buat jajan seminggu, ini juga merupakan salah satu insting anak kost2an buat ngirit.
B. Bawa coklat/oatmeal/oatmeal cookies buat bekel, enak dan kenyangnya tahan lama cuy, bener2 ampuh buat nge hemat duid jajan lu(kecuali ya perut lu itu kek wayang semar sih)

4. Selalu inget barang yang lu prioritaskan sampe2 lu nabung mati2an kek gini, setiap saat lu ngeliat godaan, alias barang2 aneh bin gabut dan gajelas yang narik perhatian lu.

Ini bener2 penting cuy, apalagi kalo lu orangnya gatelan, nih coba deh lu pikirin, kalo lu gatelan liat barang baru itu, terus lu beliin tuh duid tabungan lu buat beli ntu barang, KAPAN LU BISA DAPET BARANG YANG BIKIN ELU NABUNG INI NYET?, MIKIR NAPA !,
sesekali boleh la, tapi jangan keseringan, karna elu pasti gabakal bisa berhenti sampe duid yang lu tabung itu abis, percaya sama gua, gua juga pernah kek gitu soale :v ,
dan itu hanya akan berakhir dengan penyesalan seperti :
“haduu duid tabungan gua abis, ngapain ya gua beli2 barang ini“
“yahh, gua harus nabung lagi deh buat barang itu, gunanya barang2 yang barusan gua beli penting banget ga ya?”
“haduu, dompet gua tipis lagi kan, cape2 nabung eh malah kempes lagi”
“hadu biji gua ilang” dll

5. Titipin duit di emak/bapak elu, dan Suruh emak/bapak lu nge gampar elu kalo lu mintain tuh duit

Oke, cara yang terakhir ini emang terbilang ekstrim, tapi serius gua pernah nyoba, dan alhasil jerawat gua pecah semua(saking seringnya minta duit tabungan karna kadang2 gatel liat barang2 aneh), gimana ga pecah coba, orang bokap nge gampar pake cincin batu akik, kan tai
Tapi, ini adalah cara yang paling ampuh buat lu yang kegatelan gabisa liat duit didepan mata, dengan cara ini, duit lu bakalan jauh kekumpul lebih banyakk, karna biasanya ortu suka liat anaknya nabung, pasti ditambahin lah 50k – 1jt(gua biasanya gitu)

Oke, itu dia basic menabung ala gua, bisa lu tiru dan lu praktekan, tapi jan lupa, kalo berhasil caranya, pm gua, bilang makasih, biar gua tau berapa banyak orang yang bisa pake cara ini, dan harus makin disebar luaskan apa kaga.
Sekian dan terima ayana. :v /

beberapa testi tentang cara ini, ya emang baru dikit sih.. :








Bima Arif Putra Web Developer

4 komentar:

  1. mantep bang :v ampuh nih kayaknya :3 ntar gw coba :v makasih yoo

    BalasHapus
  2. wah thanks banget nih artikelnya sangat membantu buat referensi saya..
    Nah ini saya pengin sharing artikel yang membantu mengubah hidup saya juga, silahkan di baca dan resapi :
    Menabung di peer to peer lending

    BalasHapus